Wednesday, January 30, 2013

Anti-Galau Dalam Memilih Tema Sweet Seventeen Party


Budaya pesta ulang tahun sweet seventeen itu sebenarnya sudah ada sejak zaman ortu kita masih remaja, hanya saja belum sepopuler sekarang ini. Budaya yang mengadaptasi negara Barat tersebut mengandung suatu makna tertentu, di samping ada acara pesta yang meriah dan makanan yang berlimpah, di mana wanita berusia 16 (Barat) atau 17 tahun (Timur) dianggap sebagai usia momentum / perubahan dari masa kanak-kanak ke masa dewasa. A good analogy!
Hari-hari ini pesta ultah sweet seventeen hampir menjadi agenda wajib bagi teman-teman SMA kelas menengah hingga atas. Kehadiran Event Organizer (EO) dalam 15 tahun terakhir ini juga semakin menjamur karena rata-rata teman-teman atau orang tua teman-teman sudah tidak sempat lagi mengurusi acara pesta karena kesibukan sehari-hari. Tidak sedikit EO yang menawarkan berbagai paket menarik dan terjangkau dengan berbagai konsep yang unik.
Berbicara mengenai tema atau konsep pesta, banyak teman-teman SMA yang lumayan bingung (a.k.a galau) dalam menentukannya. Pesta ultah sweet seventeen dianggap sebagai kenangan once-in-a-lifetime yang cuma 1 tingkat di bawah Wedding. Terlebih karena wedding harus pakai embel-embel “penyesuaian dengan pihak mempelai pria”. Hufttt.. Okay, back to business, ada beberapa tips nih, girls, dalam memilih tema Sweet Seventeen J
  1. TEMA POPULER
Ini tips termudah dalam memilih tema. Biasanya tema-tema ini mengikuti trend terkini dan beberapa tema tidak pernah basi. Sebut saja tema Hollywood (Glamour), Princess (Sweet), Paris (Eiffel), New York (City), Las Vegas (Casino), K-Pop, Pesta Topeng (Masquerade) dan lain sebagainya. Bagusnya, ini tema jaminan mutu. Kurangnya, terkesan sudah biasa dan cenderung membosankan. Apalagi kalao teman seangkatan sudah pernah pakai. Hmmm..

  1. TEMA MAHAL / COSTUME PARTY
Tema mahal di sini maksudnya sarat dengan semua kebutuhan klien dan tamu yang harus sesuai dengan tema. Misalnya dengan tema Costume Party, otomatis klien dan setiap tamu harus menggunakan kostum yang total. Entah disponsori, beli sendiri, ataupun sewa. Misalnya Superhero, Futuristik, Retro, Disney, Carnaval / Circus, dll. Biasanya tema seperti ini didukung oleh hiburan dan booth yang sesuai dengan tema pula. Harus siap-siap budget yang agak besar, supaya makin total :D

  1. TEMA UNIK
Yang dulu dianggap tabu atau kurang normal, sekarang bisa dianggap sebagai tema unik. Sekarang ini tidak sedikit orang yang menggunakan tema horror, misalnya. Walaupun eksekusi dan pendekatannya berbeda, tetap saja dianggap langkah yang cukup berani. Bagaimana dengan Pajamas Party atau Jersey Party? Atau sekadar (Table) Dining Party? Unik, tapi terjangkau. Worth a shot!

  1. TEMA SIMPLE
The simpliest one is the best. Sekarang ini cukup banyak yang mengusung tema simple sebagai tema pesta. Di samping menghindari resiko kritik karena dianggap kekanak-kanakan atau sulit diterima oleh khalayak pada umumnya. Yang biasanya menjadi pembeda adalah dresscode. Sebut saja black & white, colorful, pastel color, dark color, dan lain-lain.

  1. TEMA BERDASARKAN TEMPAT
Salah satu jalan keluar yang mudah dari keadaan galau memilih tema, adalah memilih tempat. Sebuah pesta otomatis akan menjadi pool party apabila diadakan di kolam renang. Begitu pula dengan taman (garden), klab malam (clubbing), pantai (beach), atap (rooftop), bawah tanah (basement), dan lain sebagainya. Termasuk jika ada restoran yang bergaya khas tertentu ala Maroko, Italia, Jepang, country, dll.

  1. TEMA YANG KAMU BANGET
Nah, biasanya kami selalu merekomendasikan sebuah tema yang sesuai dengan klien masing-masing. Jangan takut salah atau takut dikritik karena di usia momentum ini, kalian harus jadi diri sendiri. Kalau kalian punya bakat musik atau hobi musik, jangan takut untuk menggunakan tema Music Night. Kalau kalian suka hal atau karakter tertentu, kenapa tidak coba? Doraemon, Angry Birds, Despicable Me, Domo, Cinderella, High School Musical, Candyland, Teddy Bear, Hello Kitty, dan lain sebagainya. Atau mungkin berdasarkan hobi atau cita-cita? Jadi koki (kitchen), suka baca (library), suka belanja (shopaholic), dan masih buanyak lagi.    

Mungkin gak sih merealisasikan itu semua? Mungkin aja kok :) Coba konsultasikan budget kamu dengan ortu, lalu cari referensi gambar supaya GROOVY bisa membantu mengimplementasikan semuanya. Termasuk masalah tempat (makanan) dan elemen-elemen party lainnya. 
Jadi bagaimana dengan tema party kamu? Tips di atas hanya sekadar membantu memberikan masukan, tapi keputusan tetap ada di tangan kamu. Jadilah dirimu sendiri dan lakukan apapun yang kamu ingin lakukan. Gak cuma pas party, tapi di dalam keseharian kamu juga J. Have a great party, and have a great teenage life!! -smy-

No comments:

Post a Comment